Pages

Selasa, 06 Mei 2014

SLIDE 15

Sistem Multi- Sensory

Ikhtisar
Sistem multi-indera menggunakan lebih dari satu indera channel dalam interaksi Misalnya suara , teks, hypertext , animasi , video, gerakan, dll. Digunakan dalam berbagai aplikasi, sangat baik untuk pengguna dengan kebutuhan khusus, dan virtual reality.

Ringkasan Topik
Berikut topik yang akan dibahas :
         terminologi umum
         pengenalan
         suara non -speech
         tulisan tangan
         teks dan hypertext
         animasi dan video
mempertimbangkan aplikasi serta prinsip-prinsip

Senses Usable
Ada 5 indra ( penglihatan, suara , sentuhan , rasa dan bau ) digunakan oleh kita setiap hari
         masing-masing memiliki peran penting.
         Keamaan itu, mereka menyediakan interaksi yang lebih lengkap dengan lingupnya.

Komputer jarang memberikan interaksi yang seperti itu.
Dapatkah kita menggunakan semua indera yang tersedia ?
idealnya , ya
praktis - tidak ada
Kita dapat menggunakan
         Bunyi
         sentuh ( kadang-kadang )
Kita tidak bisa ( belum) menggunakan
         rasa
         bau

Multi-modal vs Multi-media
Sistem multi -modal
         menggunakan lebih dari satu arti ( atau mode) dari interaksi
misalnya : visual dan indra : prosesor mungkin dapat berkomunikasi ke layar monitor.
Sistem multi -media
         menggunakan sejumlah media yang berbeda untuk mengkomunikasikan informasi
misalnya : sistem pengajaran berbasis komputer dapat menggunakan video, animasi , teks dan gambar diam : media yang berbeda semua menggunakan modus visual interaksi . Hal ini juga dapat menggunakan suara , baik langsung maupun tidak langsung : dua media yang lebih , sekarang menggunakan modus yang berbeda .

Speech
Manusia memiliki penguasaan yang besar dan alami dalam berbicara
         membuatnya sulit untuk menghargai kerumitan, tetapi ini merupakan media yang mudah untuk komunikasi
Struktur Speech
         fonem - 40 dari mereka : unit atom dasar, yang terdengar sedikit berbeda tergantung pada konteks keberadaan mereka lebih besar dari suara.
         alofon - semua suara dalam bahasa : antara 120 dan 130 dari mereka . Ini terbentuk menjadi Unit morfem - terkecil dari bahasa yang memiliki arti.
Terminologi lain:
         prosodi - perubahan dalam nada dan kualitas : memungkinkan variasi penekanan , tegangan, jeda dan pitch memberikan lebih banyak makna kalimat .
         co - artikulasi - pengaruh konteks pada suara ; co - artikulasi mengubah set fonem ke dalam set alofon .
         sintaks - struktur kalimat
         semantik - makna kalimat

Pengenalan Masalah Speech
Orang yang berbeda dalam berbicara dalam : aksen, intonasi, tegangan, idiom , volume dan sebagainya semua berbeda.
Sintaks dari kalimat semantik mungkin bervariasi .
Suara latar belakang dapat mengganggu .
Orang sering " ummm ..... " atau " errr ..... "
Menyadari kata-kata bukanlah tujuan akhir dari sebuah Sistem pengenalan suara : semantik harus diekstrak juga. Hal ini sering membutuhkan intelijen untuk memahami kalimat : konteks bicara harus diketahui , seperti halnya informasi tentang subjek dan pembicara .
contoh:
misalkan
" Errr .... Aku , bukan , tidak seperti ini " diakui , itu adalah bagian cukup berguna dari informasi tentang itu sendiri

The Fonetik Typewriter
Dikembangkan untuk Finlandia ( bahasa fonetik , ditulis seperti yang dikatakan ). Dilatih di satu pembicara , akan menggeneralisasi kepada orang lain . Sebuah jaringan saraf dilatih mengelompok bersama-sama seperti suara , yang kemudian diberi label dengan sesuai karakter . Ketika mengenali suara diucapkan adalah dialokasikan ke output yang terdekat, dan karakter untuk output yang dicetak .
         membutuhkan kamus besar variasi kecil untuk mekanisme umum yang benar
         kinerja terasa lebih miskin di speaker memiliki belum dilatih

Speech Recognition : saat ini berguna ?
Pengguna tunggal, sistem kosakata terbatas dapat bekerja memuaskan Tidak ada pengguna umum, sistem kosa kata umum sukses secara komersial , namun memiliki Potensi besar seperti :
         ketika pengguna tangan sudah diduduki - manufaktur , misalnya
         untuk pengguna dengan cacat fisik
         ringan , perangkat mobile

Sintesis ucapan
Sintesis ucapan : generasi ucapan sangat berguna - cara alami dan akrab menerima Informasi. Masalah - mirip dengan pengakuan : prosodi khususnya masalah tambahan
         mengganggu - baik memerlukan headphone , atau menciptakan kebisingan di tempat kerja
         transient - lebih sulit untuk meninjau dan menelusuri keberhasilan dalam aplikasi dibatasi tertentu, biasanya ketika pengguna terutama termotivasi untuk mengatasi masalah dan memiliki beberapa alternatif
         pembaca layar - membaca tampilan tekstual ke user: dimanfaatkan oleh orang-orang tunanetra
         sinyal peringatan - informasi yang diucapkan kadang-kadang disajikan kepada pilot yang keterampilan visual dan haptic yang sudah terisi

Non -Speech Suara
Boings , poni , berderit , klik dll
         umum digunakan dalam interface untuk memberikan peringatan dan alarm Bukti menunjukkan bahwa mereka berguna
         kesalahan pengetikan sedikit dengan klik tombol
         video game lebih keras tanpa suara
Dual mode display : informasi yang disajikan bersama dua saluran sensorik yang berbeda
Memungkinkan untuk presentasi berlebihan informasi - pengguna dapat memanfaatkan mana mereka menemukan termudah Memungkinkan resolusi ambiguitas dalam satu modus melalui
informasi yang terkandung dalam lainnya Suara sangat baik untuk informasi sementara, dan
informasi status latar belakang Hal ini juga bahasa / budaya independen , seperti
ucapan.
Contoh: Suara dapat digunakan sebagai modus berlebihan di Apple Macintosh ; hampir semua tindakan pengguna ( berkas seleksi, jendela aktif , insert disk, kesalahan pencarian ,
salinan lengkap , dll ) dapat memiliki suara yang berbeda terkait dengan itu .


Ikon auditory
Gunakan suara alam untuk mewakili berbagai jenis obyek atau tindakan Suara alam telah dikaitkan semantik yang dapat dipetakan ke arti yang sama dalam interaksi
         misalnya melemparkan sesuatu yang jauh dapat direpresentasikan oleh suara sesuatu smashing.
Masalah: tidak semua hal telah dikaitkan arti : misalnya penyalinan
Aplikasi: SonicFinder untuk Macintosh yang Produk dan tindakan pada desktop telah dikaitkan suara
         folder memiliki suara tipis
         memindahkan file disertai dengan suara menyeret
         menyalin ( masalah satu ) memiliki suara cairan yang dituangkan ke dalam wadah sebuah ; pitch meningkat menunjukkan kemajuan salinan
         file-file besar memiliki suara lebih keras daripada yang lebih kecil Informasi tambahan juga dapat disajikan :
         suara teredam mengindikasikan objek dikaburkan atau suatu tindakan di latar belakang
         penggunaan stereo memungkinkan informasi posisi menjadi ditambahkan

Earcons
Suara sintetis yang digunakan untuk menyampaikan informasi Kombinasi terstruktur catatan, yang disebut motif, digunakan untuk mewakili tindakan dan benda-benda Motif dikombinasikan untuk memberikan informasi yang kaya
         earcons senyawa beberapa motif dikombinasikan untuk membuat satu lagi earcon rumit : misalnya membuat icon diikuti dengan file icon catatan , mendapatkan nada tinggi – rendah.
         earcons keluarga sejenis earcons mewakili kelas yang sama tindakan atau objek serupa : keluarga " kesalahan " akan nmengandung sintaks dan sistem operasi kesalahan Earcons mudah dikelompokkan dan diperbaiki karena sifat komposisi dan hirarkis Sulit untuk mengasosiasikan dengan tugas antarmuka karena tidak ada pemetaan alami

handwriting recognition
Handwriting adalah mekanisme komunikasi lain yang kita digunakan untuk teknologi Tulisan Tangan terdiri dari stroke yang kompleks dan ruang Ditangkap oleh digitalisasi tablet - stroke berubah menjadi urutan titik
         tablet skala besar yang tersedia , lebih cocok untuk peta digitalisasi dan gambar teknis
         perangkat yang lebih kecil , beberapa menggabungkan layar tipis untuk menampilkan informasi , menjadi tersedia misalnya yang diproduksi oleh Apple sebagai penyelenggara pribadi
pengakuan
masalah.
-          perbedaan pribadi dalam formasi huruf
-          Efek co – artikulasi
Keberhasilan terbatas adalah sistem yang dilatih pada beberapa pengguna , dengan huruf terpisah Multi-user secara alami ditulis pengakuan teks umum sistem saat ini tidak akurasi yang signifikan untuk menjadi sukses secara komersial
Teks dan Hypertext
Text ini bentuk umum dari output, dan sangat berguna dalam banyak situasi
-           membebankan kemajuan linear yang ketat pada pembaca , sesuai dengan ide penulis tentang apa yang terbaik – ini mungkin tidak ideal
Struktur hypertext blok teks ke dalam jala atau jaringan yang dapat dilalui dengan berbagai cara
-          memungkinkan pengguna untuk mengikuti ide-ide mereka sendiri dan konsep melalui informasi
Sistem hypertext terdiri dari :
-          jumlah halaman , dan
-          Link , yang memungkinkan satu halaman yang akan diakses dari yang lain

contoh
Sebuah petunjuk teknis untuk mesin fotokopi mungkin memiliki semua kata-kata teknis terkait dengan definisi mereka dalam glossary . Dimungkinkan untuk mengikuti link sehingga
seseorang membaca semua informasi pada aspek tertentu dari sistem , seperti semua elektronik , atau mengikuti rute yang berbeda melalui data untuk memecahkan masalah dengan , katakanlah, menyalin dokumen dua sisi banyak halaman yang dikunjungi akan identik dalam kedua kasus, tetapi akan ditemui dalam urutan yang berbeda.
Hypermedia
Sistem hypermedia adalah sistem hypertext yang menggabungkan media tambahan , seperti ilustrasi , foto , video dan suara.
Terutama berguna untuk tujuan pendidikan
-          animasi dan grafis dapat memungkinkan pengguna untuk melihat terjadi hal-hal serta membaca
-          Struktur hypertextual memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi di langkah mereka sendiri setelah benang yang menarik perhatian mereka
Masalah
-          " hilang dalam hyperspace " - pengguna dapat yakin untuk di mana di web hypertext mereka. Peta dari hypertext adalah solusi parsial , tapi karena hypertexts bisa besar ini dapat menjadi sesuatu yang membingungkan.
-          Cakupan lengkap informasi
Karena ada begitu banyak rute yang berbeda melalui hypertext , adalah mungkin untuk kehilangan potongan , dengan mengambil rute yang menghindari daerah-daerah
-          Sulit untuk mencetak dan mengambil
Dokumen yang dicetak membutuhkan struktur linear ; itu bisa sulit untuk mendapatkan informasi yang relevan dicetak dengan cara yang rapi.
Animasi
Animasi mengacu pada penambahan gerak gambar ; mereka mengubah dan bergerak dalam waktu.
Contoh sederhana :
-          Jam
Digital wajah - detik film masa lalu Analog wajah - menyapu tangan kedua putaran terus-menerus Salvador Dali Jam - angka digital warp dan meleleh , satu digit ke depan.

-          Kursor
jam pasir / menonton / berputar disc menunjukkan sistem ini sibuk berkedip kursor menunjukkan posisi mengetik jelas berbagai jenis kursor pointer menunjukkan berbeda fungsi yang tersedia , atau berbeda modus
Animasi yang digunakan untuk efek yang besar untuk menunjukkan informasi temporal bervariasi. Berguna dalam pendidikan dan pelatihan : memungkinkan pengguna untuk melihat hal yang terjadi , serta menjadi menarik dan gambar menghibur di kanan mereka sendiri.
Contoh: Visualisasi Data
Perubahan mendadak dan halus dalam multi – dimensi data dapat divisualisasikan menggunakan animasi , berwarna permukaan yang riak dan berfluktuasi. Molekul kompleks dan interaksi mereka dapat lebih mudah dipahami ketika mereka ditarik dan pindah layar , diputar dan dilihat dari posisi sewenang-wenang .

Video dan Digital Video
Teknologi compact disc merevolusi sistem multimedia : sejumlah besar video, grafis , suara dan teks dapat disimpan dan mudah diambil pada relatif murah dan dapat diakses medium.
Pendekatan yang berbeda , ditandai dengan berbagai teknik kompresi yang memungkinkan lebih banyak data untuk diperas ke disk
• CD - I: sangat baik untuk kerja full-screen . video terbatas dan masih kemampuan gambar ; ditargetkan pada rumah tangga pasar.
• CD - XA ( eXtended Architecture ) : pengembangan CD -I , audio digital yang lebih baik dan gambar diam.
• DVI ( Digital Video Interactive ) / UVC ( Universal Video Communications ) : mendukung video gerak penuh.
Contoh: Palenque - sistem berbasis DVI
Prototipe sistem multimedia multimodal , di mana pengguna berkeliaran di sekitar sebuah situs Maya . Menggunakan video, gambar, teks dan suara . QuickTime dari Apple merupakan standar untuk memasukkan video ke dalam antarmuka. kompresi , penyimpanan , format dan sinkronisasi semua didefinisikan , memungkinkan berbagai aplikasi untuk menggabungkan
video dalam cara yang konsisten .



Memanfaatkan animasi dan video
Animasi dan video adalah alat berpotensi kuat
-          melihat keberhasilan televisi dan arcade game
Namun, standar pendekatan untuk antarmuka desain tidak memperhitungkan kemungkinan penuh media seperti Kita mungkin hanya akan mulai menuai manfaat penuh dari teknologi ini ketika kita memiliki lebih banyak pengalaman. Kita juga perlu belajar dari para ahli ini baru bentuk seni : desainer antarmuka perlu mendapatkan keterampilan pembuat film dan kartunis serta seniman dan penulis .

Aplikasi
Pengguna dengan kebutuhan memiliki kekhususan persyaratan yang sering dilayani oleh
multimedia dan / atau sistem multimodal.
• tunanetra - pembaca layar , SonicFinder
• cacat fisik - masukan pidato , gesture pengakuan , sistem prediksi (mis. Reactive Keyboard)
• ketidakmampuan belajar ( misalnya disleksia ) - masukan pidato , keluaran
Virtual Reality
Multimedia interaksi multimodal pada yang paling ekstrim , VR adalah simulasi komputer dari dunia di user yang tenggelam.
• headset memungkinkan pengguna untuk "melihat " dunia maya
• pengakuan gerakan dicapai dengan DataGlove ( lycra sarung tangan dengan sensor optik yang mengukur tangan dan jari posisi )
• Eyegaze memungkinkan pengguna untuk menunjukkan arah dengan mata saja
contoh :
VR dalam kimia - pengguna dapat memanipulasi molekul dalam ruang, mengubahnya dan mencoba menyesuaikan yang berbeda bersama-sama untuk memahami sifat dan reaksi Ikatan Simulator penerbangan - layar menunjukkan " dunia " di luar , sementara kontrol kokpit yang setia direproduksi dalam kotak hidrolik animasi.


0 komentar:

Posting Komentar